Selasa, 25 April 2017

MENJELANG RAMADHAN JALAN RAYA BUNTU - SAMPANG MENGALAMI PERBAIKAN

Seperti tradisi-tradisi setiap tahunnya, arus mudik yang akan melewati jalur selatan pulau jawa selalu memerlukan perbaikan. Struktur tanah yang tidak stabil membuat jalanan menjadi cepat berlubang.

Menenggapi hal itu, pemerintah Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memperbaiki jalan raya Buntu - Sampang.

Terhitung sejak tanggal 20 April, jalan sudah mulai diperbaiki. Mengingat bulan Ramadhan semakin dekat.

Jalan yang berlubang dan bergelombang sudah mulai dikeruk oleh mesin-mesin berat. Perbaikan jalan ini pun untuk sementara membuat sedikit kepadatan di wilayah tersebut.

Kendaraan roda empat atau lebih rasanya harus menikmati perjalanan panjang setiap melalui jalan ini.

Ada pula jalan yang sudah selesai di aspal ulang.

Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat pada gambar yang berada dibawah ini:

Kendaraan Besar Sempat Mengalami Kemacetan di Jalan Raya Buntu - Sampang

Mobil Slender

Mobil Slender

Mobil Slender dan Alat Berat Lainnya

Jalan Jelek Dikeruk

Jalan Mulus Habis di Aspal

Beberapa Jalan Baru Sudah Bisa di Lewati
Sumber:
Ptt76, Sumpyuh.
www.skyscrapercity.com

TOTAL SUDAH 16 STUDIO BIOSKOP DIHADIRKAN DI AREA BARLINGMASCAP

Barlingmascap Bioskop
Setelah kota Cilacap memiliki bioskop baru di Borobudur Plaza, maka bertambahlah jumlah studio bioskop di area Barlingmascap. 

Banjarnegara sudah ada Surya Yudha Cinema yang berlokasi di Jl. Raya Rejasa, Rejasa, Madukara, Banjarnegara. Surya Yudha Cinema Banjarnegara memiliki 3 studio bioskop.

Banyumas malah sudah memiliki dua bioskop sejak bulan Desember 2016. Sejak Rita Supermall resmi beroperasi, Kabupaten Banyumas memiliki CGV Cinemas. CGV Cinemas berada di lantai 5 Rita Supermall Purwokerto. Lokasinya sangat strategis. Depan Alun-Alun Purwokerto. Tepat di jantung kota Purwokerto. Jl. Jend. Sudirman No.296, Sokanegara, Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas. CGV Cinemas Purwokerto memiliki 5 studio bioskop. 

Sementara Rajawali Bioskop yang berlokasi di Jalan S. Parman No. 69, Purwokerto Kulon, Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas memiliki 4 studio bioskop. 

Cilacap tidak mau kalah. Akhirnya sejak pertengahan April kemarin, Kota Cilacap dihadirkan Bioskop dengan nama Dakota Cinema Cilacap. 

Dakota Cinema Cilacap berada di lantai 3 Plaza Borobudur yang berada di jalan Jl. RE Martadinata, Kota CIlacap. Alun-Alun ngidul.

Jadi, jika ditotal BARLINGMASCAP kini memiliki 16 STUDIO BIOSKOP. 

MANTAP!

Semoga wilayah kita semakin berkembang dan semakin ramai. Kemudian masyarakatnya semakin makmur.

CGV RSM Purwokerto 5 studio
Rajawali Purwokerto 4 studio
Dakota Cilacap 4 studio
Surya Yudha Banjarnegara 3 studio 

Karesidenan Banyumas Total memiliki 16 STUDIO.

Purbalingga piye kabare? Kamu kapan bikin Bioskop? Hehehehehe

Ndelenge nang Purwokerto disit baen yaaa!


Jumat, 21 April 2017

PEMBANGUNAN TOL CILEUNYI - YOGYAKARTA YANG AKAN SEGERA DIBANGUN MELEWATI WILAYAH CILACAP

Ruas jalan Jeruklegi - Gumilir, Cilacap

Pembangunan Tol Cilacap

INFOKROYA, CILACAP- Berdasarkan rencana tata ruang wilayah (RTRW) nasional, wilayah Kabupaten Cilacap akan dilintasi proyek pembangunan jalan tol yang akan dibangun Pemerintah Pusat dari Cileunyi, Jawa Barat sampai Yogyakarta.
“Pemerintah Pusat sudah merencanakan pembangunan jalan tol Cileunyi-Yogyakarta. Jalan bebas hambatan tersebut akan melewati Cilacap. Itu berarti pembangunan jalan tol di Cilacap bukan mimpi tapi sebuah kenyataan yang akan diwujudkan oleh Pemerintah Pusat,” kata Kepala Bappeda Cilacap, Indro Cahyono, kemarin.

Di dalam RTRW nasional, lanjut dia, sudah tercantum rencana besar tersebut. Bahkan di dalam RTRW nasional sudah ditentukan bentang proyek pembangunan jalan tol itu, yaitu dimulai dari Cileunyi- Garut-Ciamis-Cilacap- Kebumen-Purworejo- Yogyakarta.

Mengurai Kemacetan

Bahkan ruas jalan tol Cileunyi- Yogyakarta yang sudah masuk ke dalam perencanaan pembangunan nasional itu, akan dikoneksikan dengan Tol Pejagan. Jalan tol yang menghubungkan antara bentang tol Cileunyi-Yogyakarta dengan tol Pejagan disebut tol Pejagan- Cilacap.

Tol Pejagan sengaja dikoneksikan ke tol Cileunyi- Yogyakarta dengan titik koneksi di Cilacap dengan tujuan untuk mengurai kepadatan arus kendaraan jika terjadi kemacetan parah di jalur pantura. Dengan demikian, sebagian kendaraan yang melintas di pantura dapat dengan cepat dialihkan ke jalur selatan.

“Pembangunan jalan tol tersebut merupakan rencana besar Pemerintah Pusat. Sebab, ke depan Cilacap akan menjadi pusat kegiatan nasional. Kilang Pertamina dengan kapasitas produksi terbesar di Cilacap. Pembangunan beberapa PLTU sebagai pemasok energi listrik nasional juga terpusat di Cilacap.

Bahkan kegiatan bongkar muat hewan ternak impor juga akan dipusatkan di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap,” katanya. Berhubung Cilacap menjadi pusat kegiatan nasional maka semua infrastrukturnya harus baik.

Untuk itu, semua ruas jalan nasional dan provinsi yang ada di wilayah tersebut sekarang sudah dicor. Pemerintah Pusat melakukan ini semua karena untuk kepentingan nasional. Menurut dia, rencana pembangunan jalan tol Cileunyi- Yogyakarta tidak akan menghambat pembangunan jalan lintas selatan- selatan (JLSS) karena sampai sekarang pembangunan JLSS di wilayah Cilacap masih terus berlangsung.

Beberapa waktu yang lalu Bupati Tatto Suwarto Pamuji sudah bertemu dengan Dirjen Bina Marga. Dalam pertemuan tersebut, Bupati menyampaikan permintaannya agar JLSS segera direalisasikan lagi. “Alhamdulillah, pada tahun anggaran 2016 ini ada kegiatan konstruksi JLSS lagi.

Diharapkan, kegiatan tersebut akan terus berlanjut. Pada 2017 pembangunan JLLS ditargetkan sudah sampai ke Kecamatan Bantarsari karena tahun ini pembangunan JLSS baru sampai Kecamatan Gandrungmangu,” katanya. Kemudian pembangunan JLLS akan dilanjutkan lagi pada 2018, mulai dari Kecamatan Bantarsari sampai Kecamatan Jeruklegi.

Sedangkan pada 2019, diharapkan pembangunan JLLS sudah sampai Kecamatan Adipala. Ruas terakhir pembangunan JLLS di wilayah Cilacap adalah Adipala-Kali Bodo. Nanti kalau pembangunan JLSS yang dilakukan dari arah barat sudah sampai di Jembatan Kali Bodo maka ruas JLLS tersebut akan dikoneksikan atau disambungkan dengan ruas JLLS yang dibangun dari arah timur.

Pembangunan JLLS dari arah timur dimulai dari Yogyakarta- Purworejo-Kebumen-Kali Bodo. Kalau JLLS yang dibangun dari arah barat sudah terkoneksi dengan JLLS yang dibangun dari arah timur maka Cilacap-Yogyakarta dapat ditempuh dalam waktu dua jam,”katanya.(ag-45)

Rabu, 19 April 2017

DAKOTA CINEMA CILACAP


Dakota Cinema Cilacap di Borobudur Mall

Selamat sore teman-teman.

Bagaimana pekerjaannya hari ini?

Lancar-lancar saja kan?

HEheheheee..


Kalo hubungan sama doi gimana?


Eh Lupaaa.... Pembaca yang budiman kan Jomblooooo......

Oiya ada kabar terbaru nih untuk Warga Cilacap!

Mulai tanggal 14 April 2017, kita gausah jauh - jauh pergi ke kota tetangga buat nonton Bioskop.

Hehehehe..

Studio Dakota Cinema Cilacap
Bioskop ini bernama Dakota Cinema. Atau lebih lengkapnya mungkin Dakota Cinema Cilacap. Kita singkat aja deh. Jadi DCC. Eh kok alay yaaa?

Wkwkwk.....

Dakota Cinema Cilacap ini letaknya berada di tengah kota Cilacap. Kalo dari Alun - Alun ngidul aja sedikit. Atau lebih tepatnya berada di Borobudur Plaza lantai 3 Jl.R.E.Martadinata Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia 53213

Pastinya untuk warga Cilacap yang lagi merantau sekarang kalo pulang kampung punya hiburan baru. Hehehehe...

Selain makan soto sokaraja dan nyemil mendoan, hiburan yang pulang kampung ya nonton bioskop di Dakota Cinema Cilacap. heheheh

Dalam Studio Dakota Cinema Cilacap

Asik kan?

Dakota Cinema Cilacap melakukan Soft Opening tepat pada hari jumat, 14 April 2017 kemarin. Dan ternyata pengunjungnya banyak banget!

Penuh!

Padahal katanya bakal ada 4 studio kalo ga salah.

Awal buka aja filmya udah ada Fast and Furious 8, pantas aja yaa rameeee.. HEeheheeh..

Atau mungkin ini murni kerinduan warga Cilacap yang butuh tempat nonton asik di kota Sendiri.

Dan saya yakin peminat nonton di Cilacap akan terus naik. Semoga ga ditutup lagi yaaa bioskopnyaaa! Heheheheheee....

Lumayan kota Cilacap ada kemajuan.

Hehheehhee...

#salamngapak

Minggu, 09 April 2017

Jadi Pemandu di Karaoke Binangun, Dua Gadis Ini Cuma Dibayar Rp 50 Ribu


Kepolisian Sektor Binangun, Polres Cilacap, Polda Jawa Tengah, berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana memperkerjakan anak di bawah umur.

Kejadian ini terungkap setelah adanya laporan dari masyarakat yang menginformasikan adanya gadis belia yang bekerja menjadi pemandu lagu di tempat karaoke.

Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto SIK, melalui Kapolsek Binangun AKP Jauhari Mustofa, Jumat (7/4/2017) mengatakan bahwa dari ungkap kasus tersebut petugas berhasil menangkap seorang pemilik sebuah tempat karaoke yang diduga mempekerjakan gadis di bawah umur sebagai pemandu lagu.

Pelaku berinisial KRS (42), warga Desa Jepara Wetan Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap.
Ia ditangkap saat berada di tempat karaoke yang dikelolanya di Desa Jepara Binangun Cilacap, Rabu, 29 April 2017 sekira pukul 22.00 WIB.

Saat dilakukan pengecekan di tempat karaoke tersebut, petugas mendapati dua gadis belia bernama DL alias Cunil umur 12 tahun warga Desa Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap dan PY alias Nisa umur 16 tahun warga Desa Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap.

“Setelah ada bukti yang cukup, pengelola tempat karaoke langsung kami lakukan penangkapan dan terhadap kedua gadis belia yang bekerja sebagai pemandu lagu masih kami jadikan saksi kemudian dilakukan pembinaan," katanya dalam keterangan pers, Jumat.

Dari keterangan kedua saksi bahwa setiap menemani pengunjung, saat bernyanyi di tempat karaoke milik pelaku, dirinya mendapat upah Rp 50 ribu setiap satu jam.

Dan kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak tempat karaoke tersebut berdiri sejak dua bulan yang lalu.

"Mereka sifatnya freelance atau pekerja lepas tidak terikat kontrak dengan pelaku dan mereka bekerja hanya setiap malam saja. Jika siang berada di tempat kos-kosannya,” ungkap Kapolsek.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya, pelaku dijerat Pasal 88 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

sumber: tribunnews

Sabtu, 01 April 2017

APA YANG TERJADI JIKA E KTP DIBERLAKUKAN?

Hhmm... kisah ini asli adanya, tanpa rekayasa: Jadi waspadalah! Oh iya, ini gadis disampingku ini.. Operator Bakul Pizza-nya.

Ini dikisahkan oleh sahabat saya Arif Abdul Hakim, Arek Solo sing ganteng dhewe sak RT.

"Inilah gambaran masa depan kita jika e-KTP , BPJS, Kepolisian, Perbankan Sudah Berjalan Efektif dan seluruh data sudah terintegrasi Dalam satu Data Base._:  Contoh kejadian jika kita memesan pizza!

Rekaman percakapan telepon pemesanan pizza

Operator: "Terima kasih anda telah menghubungi Pizza Hut. Ada yang bisa saya bantu?"

Konsumen: "Saya mau pesan pizza, Mbak."

Operator: "Boleh minta Nomor KTP anda?"

Konsumen:"6102049998-45-54610"

Operator :"Oke Pak Ujang, dari database kami, Bapak tinggal di Jl. Merpati No 6, Tlp Rumah 021829256378, Tlp Kantor 021666535872673, dan nomor HP 0818763784022."

Konsumen: "Betul Mbak...Apa saya bisa pesan Seafood Pizza?"

Operator: "Menurut kami, itu bukan ide yang bagus Pak. Dari medical record Bapak, Bapak punya tekanan darah tinggi dan kolestrol yang berlebihan. Mungkin saat ini Bapak bisa memesan Low Fat Hokkien Mee Pizza."

Konsumen: "Dari mana anda tahu kalo saya bakal suka itu?"

Operator:"Hm...minggu lalu Bapak baru pinjam buku dengan judul "Popular Hokkien Dishes" di Perpustakaan Nasional."

Konsumen: "Oke terserah...sekalian saya pesan paket keluarga, jadi berapa semuanya?"

Operator: "Total semua Rp. 290.000,-"

Konsumen:"Boleh saya bayar dengan Credit Card?"

Operator: "Bapak harus bayar cash, kartu kredit Bapak tampaknya sudah over limit dan Bapak masih punya utang di bank sebesar Rp. 5.350.000,- sejak bulan Juni tahun lalu, itu belum termasuk denda tunggakan kredit mobil Bapak."

Konsumen:"Ya sudah kalo begitu, saya ke ATM dulu ambil uang sebelum tukang antar pizza datang."

Operator: "Dari data Bapak, sepertinya itu juga nggak bisa Pak. Record Bapak menunjukkan bahwa batas penarikan uang di ATM Bapak sudah habis untuk hari ini."

Konsumen: "Busyet...! Sudahlah anterin aja pizzanya kesini, saya akan bayar cash disini, dan berapa lama pizza diantar sampai ke rumah?"

Operator: "Sekitar 45 menit Pak karena jalanan tampaknya sedang padat. Tapi kalo Bapak tidak mau menunggu, Bapak bisa mengambilnya sendiri dengan motor bebek butut Bapak."

Konsumen:"Waduuuuuh kurang ajar si Mbak menghina!"

Operator: "Di data terlihat Bapak memiliki motor bebek tahun 1995 dengan Nomor Polisi B-217-AN. Betul kan, Pak?"

Konsumen: "Sialan...nggak sopan loe buka-buka record gue, kamu blom pernah ngerasain ditonjok ya?"

Operator: "Oh hati-hati dan jaga ucapan Bapak. Apa Bapak lupa pada 15 Mei 2010 Bapak pernah di bui 3 bulan karena mengucapkan kata-kata kotor pada polisi?"

Konsumen: "Bujug buneng nih manusia satu!"

Operator:" Ada yang lain Pak?", oh ya pak.bpk kemaren di luar kota ada urusan dgn KUA ya, karena didata bpk sdh tercatat di 3 KUA, apakah ibu dirumah sdh tau ?

Konsumen:"Kaga ada. Batalin aja pesanan gue...!!!" Dan awassss jangan bilang istri gua yg terakhir ya...

Begitulah jika eKTP sdh diberlakukan seluruh negeri dann terintegrasi dengan semua pusat data.

MODAR KOWE...!

Dengan kecanggihan abad modern.. maka salah satu kecanggihan e ktp diantaranya bisa mengetahui isi hati yg paling dalam. Masa lalunya bisa terungkap atau engan kata lain copyan diri kita.....

tag: Apa yang terjadi jika E KTP diberlakukan.

Kamis, 30 Maret 2017

KEAJAIBAN SILATURAHMI BAGI PEBISNIS

Oleh Yunan Vonda
Tegal City

ANDA SEORANG PEBISNIS? Baiknya ikuti bacaan berikut ini. Banyak hikmah dibalik suatu peristiwa. Keajaiban silaturahmi bagi pebisnis.. Yah, Anda harus rajin silaturahmi.. !:

"Ini Sebuah cerita Kehidupan Nyata Seseorang.
Pada malam yang sunyi dan tempat yang cukup jauh dari keramaian, saya berkunjung (Silaturahmi) ke salah satu pemilik home industri kecil, sang pemilik orang yang sangat penuh dangan konsep atas bidang yang beliau geluti..(bisa di katakan beliau adalah salah satu pembuat konsep atas produk-produk yang di branding oleh beberapa perusahaan otomotif besar di Indonesia..) . Beliau pun gak pelit akan ilmu yang dia punya.., beberapa orang dekat yang belajar darinya pun sekarang namanya sudah cukup terkenal di perusahaan2 otomotif ternama di Indonesia.., (anak buahnya nyletuk.., "tapi sekarang pada gak inget mas").., beliau hanya merespon.."ahh..,sudahlah..biarkan.." selang beberapa menit kita ngobrol..,beliau minta tolong ke anak buahnya unt membelikan kopi..,Alhamdulillah obrolan kita bertiga ber-kopi-kan.., heheee..,

 Kita berbincang tentang aitem-aitem yang beliau produksi, dari obrolan yang saya tangkap..,beliau orang yang syarat dengan konsep atas bidang yg di geluti..,di tengah obrolan kita muncul pertanyaan di benak saya..,kenapa beliau sekarang kondisinya spt ini..,beliau pun ternyata menjawab pertanyaan di benak saya.., "semua yang terjadi sekarang karena ulah saya sendiri mas..blablablablaaa".., wouwww Amazing..,

Tampilan beliau sangar.., tapi benar2 tau persis apa penyebabnya & mengakui kesalahan serta memetik hikmah yg ada di balik kejadian tersebut..,beliau pun berkata.."tapi saya Yakin mas dg saya memperbaiki semua 'laku' saya Insyaa Allah semua akan kembali seperti sedia kala bahkan jauh lebih baik..,saya Yakin itu mas. Karena saya masih menjalin Silaturahmi dengan beberapa perusaahan yg dulu pernah bekerjasama dg saya.

ehhmm, mencoba mengupas dg hati-hati..,pertemuan yg Sangat Luar Biasa buat Saya.., ada bbrp poin yg kudu muncul; Pertama..,Mudah kok Bagi Sang Pemilik Hidup untuk membalikan keadaan dari 'ada ke tidak ada' dan juga gak sulit kok bagi Sang Pemilik Hidup membalikan keadaan 'tidak ada ke ada'

Kedua..,Silaturahmi, Silaturahmi sangat membuka pintu rizki, itu yg beliau lakukan..mudah memang jika di ucap..dilakukan..?? kudu lebih mudah..."

#GOD is GOOD

Senin, 27 Maret 2017

KIAT KELUAR DARI MASALAH KESULITAN HIDUP

Ini kiat keluar dari masalah kesulitan hidup. Kata orang Dunia adalah ujian. Allah Azza wa Jalla menguji keadaan manusia berbeda-beda sebagai ujian. Ada orang mukmin dan kafir, orang sehat dan sakit, orang kaya dan miskin, dan seterusnya. Makna semua ini, bahwa seseorang itu diuji dengan orang yang tidak seperti dia atau kadang yang tidak diinginkan oleh mereka. Seorang yang kaya contohnya, dia diuji dengan keberadaan orang miskin. Apakah para orang kaya akhirnya mau membantu  orang miskin atau tidak, padahal orang miskin disekitar mereka... Menghinanya atau tidak... Sebaliknya si miskin juga diuji dengan keberadaan si kaya. Sepantasnya dia tidak dengki terhadap si kaya dan tidak mengambil hartanya dengan tanpa hak atau mencurinya atau merampoknya. Dan masing-masing berkewajiban meniti jalan kebenaran. Setuju?

Maka jika kita diuji oleh Allah Azza wa Jalla dengan kemiskinan dan kesulitan hidup, hendaklah kita menyikapinya dengan cara-cara yang telah ditunjukkan oleh Allah Azza wa Jalla dan Rasul-Nya. Kali ini saya kupas sedikit tentang kiat keluar dari masalah kesulitan hidup, diantaranya:

WAJIB BERHUSNU-ZHAN KEPADA ALLAH
Ini adalah yang pertama dan utama. Setiap muslim hendaklah berhusnu-zhan (berprasangka baik) kepada Allah Azza wa Jalla atas musibah dan kesusahan yang menimpanya. Karena sesungguhnya keimanan dan tauhid seseorang tidak akan sempurna kecuali dengan husnu-zhan kepada Allah Azza wa Jalla . 

Syaikh Muhammad bin Shâlih al-‘Utsaimîn rahimahullah berkata: “Engkau wajib husnu-zhan kepada Allah Azza wa Jalla terhadap perbuatan-Nya di alam ini. Engkau wajib mengetahui bahwa apa yang Allah Azza wa Jalla lakukan itu merupakan hikmah yang sempurna, terkadang akal manusia memahaminya atau terkadang tidak. Dengan inilah keagungan Allah Azza wa Jalla dan hikmah-Nya di dalam takdir-Nya diketahui. Maka janganlah engkau menyangka bahwa jika Allah Azza wa Jalla melakukan sesuatu di alam ini, adalah karena kehendak-Nya yang buruk. Termasuk kejadian-kejadian dan musibah-musibah yang ada, Allah Azza wa Jalla tidak mengadakannya karena kehendak buruk yang berkaitan dengan perbuatan-Nya. Adapun yang berkaitan dengan makhluk, bahwa Allah Azza wa Jalla menetapkan apa yang Dia kehendaki, itu terkadang menyusahkannya, maka ini seperti firman Allah Azza wa Jalla :


قُلْ مَنْ ذَا الَّذِي يَعْصِمُكُمْ مِنَ اللَّهِ إِنْ أَرَادَ بِكُمْ سُوءًا أَوْ أَرَادَ بِكُمْ رَحْمَةً

Katakanlah: “Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (takdir) Allah, jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu?” [al-Ahzâb/33:17][1]

BERSABAR
Sabar ini adalah senjata yang ampuh untuk muslim. Sabar adalah sifat yang agung, tetapi hendaknya pun harus diiringi dengan shalat. Ingat ya, sabar dan shalat. . Sabar menghadapi kesusahan adalah menahan jiwa dari berkeluh-kesah, menahan lisan dari mengadu kepada manusia, dan menahan anggota badan dari perkara yang menyelisihi syari’at. Bagi seorang Mukmin sabar merupakan senjatanya untuk menghadapi kesusahan. Dan hal itu akan membuahkan kebaikan baginya. Pokoknya modal sabar, ini adalah langkah awal.

Bukankah sudah kita pahami bersama bahwa  Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling sabar? Ya, kita takjub dengan kesabaran beliau, juga para Rosul lainnya dalam menerima ujian dari Allah.  Memang mereka layak dijadikan panutan. Ibnu Abbâs Radhiyallahu anhuma berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَبِيتُ اللَّيَالِيْ الْمُتَتَابِعَةَ طَاوِيًا وَأَهْلُهُ لاَ يَجِدُونَ عَشَاءً وَكَانَ أَكْثَرُ خُبْزِهِمْ خُبْزَ الشَّعِيرِ

Dahulu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melewati beberapa malam berturut-turut dengan keadaan perutnya kosong, demikian juga keluarganya, mereka tidak mendapati makan malam. Dan sesungguhnya kebanyakan rotinya mereka adalah roti gandum. [2]

BERSIKAP QANA’AH
Selain kesabaran, maka sikap yang tidak kalah penting adalah qanâ’ah. Yang dimaksud dengan qanâ’ah adalah ridha terhadap pembagian rejeki dan kenikmatan Allah Azza wa Jalla . Karena sesungguhnya hakekat kaya itu adalah kaya hati, bukan kaya harta. Dan qanâ’ah merupakan jalan kebahagiaan. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ وَرُزِقَ كَفَافًا وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ

Sesungguhnya telah beruntung orang yang telah masuk agama Islam, diberi kecukupan rizqi, dan Allah menjadikannya qanâ’ah terhadap apa-apa yang telah Dia berikan kepadanya.

Yaitu benar-benar sukses orang yang tunduk kepada Rabbnya, dan dia diberi rizqi halal yang mencukupi keperluan dan kebutuhan pokoknya; dan Allah Azza wa Jalla menjadikannya qanâ’ah terhadap semua yang telah Dia berikan kepadanya.(Tuhfatul Ahwadzi syarah hadits no. 2348)

Imam Ibnu Qudâmah al-Maqdisi rahimahullah berkata: “Ketahuilah bahwa kemiskinan itu terpuji. Namun, sepantasnya orang yang miskin itu bersifat qanâ’ah, tidak berharap kepada makhluk, tidak menginginkan barang yang berada di tangan orang, dan tidak rakus mencari harta dengan segala cara, namun itu semua tidak mungkin dilakukan, kecuali dia qanâ’ah dengan ukuran minimal terhadap makanan dan pakaian”.(Mukhtashar Minhâjul Qâshidin, hlm. 256; dengan komentar dan takhrîj hadits Syaikh Ali al-Halabi; Penerbit Dâr ‘Ammâr, ‘ Ammân, Yordania.)

Barangsiapa bersikap qanâ’ah, maka hal itu akan memunculkan sifat ‘affâf (menjaga kehormatan diri) dengan tidak mengharapkan barang milik orang lain, apalagi meminta-minta.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنْ الْمَسْأَلَةَ كَدٌّ يَكُدُّ بِهَا الرَّجُلُ وَجْهَهُ إِلاَّ أَنْ يَسْأَلَ الرَّجُلُ سُلْطَانًا أَوْ فِي أَمْرٍ لاَ بُدَّ مِنْهُ

Sesungguhnya meminta-minta itu merupakan cakaran seseorang pada wajahnya. Kecuali seseorang yang meminta kepada pemerintah atau dalam perkara yang tidak ada pilihan baginya.(HR. Tirmidzi, no. 681; dishahîhkan oleh Syaikh Salîm al-Hilâli di dalam Bahjatun Nâzhirîn, no. 533)

Dan sifat ‘affâf ini memiliki keutamaan yang sangat besar. Marilah kita perhatikan tawaran yang agung dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sangat benar perkataannya, yaitu sabda beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

مَنْ يَكْفُلُ لِيْ أَنْ لاَ يَسْأَلَ النَّاسَ شَيْئًا وَأَتَكَفَّلُ لَهُ بِالْجَنَّةِ فَقَالَ ثَوْبَانُ أَنَا فَكَانَ لاَ يَسْأَلُ أَحَدًا شَيْئًا

Siapakah yang menjamin bagiku, bahwa dia tidak akan meminta apapun kepada manusia, maka aku akan menjamin surga baginya? Sahabat Tsaubân berkata: “Saya!”. Maka dia tidak pernah meminta apapun kepada seorangpun.(HR. Abu Dâwud, no. 1643;dan lainnya; dishahîhkan oleh Syaikh Salîm al-Hilâli di dalam Bahjatun Nâzhirîn, no. 535.)

Bahkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepada sebagian Sahabat beliau untuk tetap tidak meminta kepada makhluk, walaupun tertimpa kelaparan sampai tidak mampu berjalan! Abu Dzar al-Ghifâri Radhiyalahu anhu bercerita:

رَكِبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِمَارًا وَ أَرْدَفَنِيْ خَلْفَهُ ثُمَّ قَالَ: ((أَبَا ذَرٍّ, أَرَيْتَ لَوْ أَصَابَ النَّاسَ جُوْعٌ شَدِيْدٌ حَتَّى لاَ تَسْتَطِيْعَ أَنْ تَقُوَمَ مِنْ فِرَاشِكَ إِلَى مَسْجِدِكَ؟)) قُلْتُ: اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَعْلَمُ. قَالَ: تَعَفَّفْ!

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menunggang keledai dan memboncengkanku di belakangnya, kemudian berkata: “Abu Dzarr, bagaimana pendapatmu jika kelaparan yang dahsyat menimpa manusia sampai engkau tidak mampu bangun dari tempat tidurmu menuju masjidmu?” aku menjawab: “Allah Azza wa Jalla dan Rasul-Nya lebih mengetahui”. Beliau bersabda: “Ta’affuf-lah (Janganlah engkau minta-minta)”.HR. Ibnu Hibbân (Mawâriduzh Zham-ân, no. 1862); Ahmad 5/149; Abu Dâwud, no. 4261; dan lainnya; dishahîhkan oleh Syaikh Musthafa al-Adawi di dalam Ash-Shahîhul Musnad min Ahâditsul Fitan walMalâhim, hlm. 269-270.

BERHEMAT
Kemudian di antara kita terpenting dalam menghadapi kesulitan adalah bersikap hemat di dalam pengeluaran. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Yaitu jangan sampai pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan. Karena hal ini tentu akan berakibat fatal. Sebagian orang akhirnya terperosok ke dalam lubang hutang yang tidak ada kesudahannya. Oleh karena Allah Azza wa Jalla memuji hamba-hamba-Nya yang bersikap tengah ketika mengeluarkan harta mereka, tidak pelit dan tidak boros. Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَالَّذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَٰلِكَ قَوَامًا

Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian. [al-Furqân/25:67]

Bahkan sikap hemat itu merupakan salah satu dari tiga penyelamat! Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثٌ مُنْجِيَاتٌ: خَشْيَةُ اللهِ تَعَالَى فِي السِِّرِّ وَالْعَلاَنِيَةِ وَالْقَصْدُ فِي الْغِنَى وَالْفَقْرِ وَالْعَدْلُ فِي الرِّضَى وَالْغَضَبِ

Tiga perkara yang menyelamatkan: takut kepada Allah Azza wa Jalla pada waktu sendirian dan bersama orang banyak; bersikap hemat pada waktu kaya dan miskin; dan bersikap adil pada waktu ridha dan marah.(HR. al-Bazzâr; Al-‘Uqaili; Abu Nu’aim; dan lainnya; dihasankan oleh Syaikh al-Albâni di dalam Silsilah ash-Shahîhah, no. 1802.)
Selain itu perlu juga Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:
1. Kenali akar masalah Anda
Dalam film Forrest Gump, Tom Hanks pernah berkata, “Hidup adalah seperti sekotak coklat, kau tidak tahu apa yang akan Anda dapatkan.” Hidup ini penuh dengan misteri yang tidak diketahui, ketidakpastian, terlalu banyak kejutan, kesulitan yang harus dialami dan ketakutan yang harus ditaklukkan. Tapi apakah Anda setuju bahwa hidup ini selalu tidak pasti? Bukankah takdir Tuhan sudah cukup membuktikan bahwa hidup ini sudah pasti dan sudah ada jalannya? Tapi mengapa kesulitan demi kesulitan saja yang selalu kita temukan? Apa ada yang salah dengan diri kita? Lalu bagaimana cara mengatasinya ? 
2. Merumuskan Masalah.
Setelah  Anda telah mengetahui akar masalah, merumuskan rencana tindakan yang akan membantu Anda menemukan solusi. Hati-hati mempertimbangkan setiap pro dan kontra. Ingatlah untuk melangkah ringan terlebih dahulu, satu kesalahan kecil mungkin akan membawa Anda kembali ke titik awal.
 
3. Membuat kesimpulan solusi
Anda harus ada keberanian  untuk membuat kesimpulan yang nantinya akan dijalankan sebagai solusi.
3. ACTION, bergeraklah!
Meski demikian, solusi-solusi spiritual tersebut, jalani dengan ikhlas... lakukan dengan penuh kesadaran. Dan percayalah jika Anda melakukan semua ini insya Allah, Anda akan menemukan solusi.